6 Tips Dalam Membeli Laptop Pribadi

6 Tips Dalam Membeli Laptop Pribadi

6 Tips Dalam Membeli Laptop PribadiApakah Anda sedang menulis sebuah makalah, mengajar kelas, mengorganisir sebuah proyek penelitian atau hanya browsing di web, Anda memerlukan laptop yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Sepintas, proses belanja laptop mungkin tampak membingungkan. Ada ratusan model berbeda yang tersedia dalam beberapa ukuran, dengan setidaknya tiga sistem operasi dan harga yang berbeda mulai dari yang murah sampai dengan harga yang mahal.

Untungnya, menemukan notebook yang tepat jauh lebih mudah dan lebih murah daripada mendeteksi partikel Higgs boson. Berikut adalah enam tips untuk membantu Anda memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

1. Layar yang lebih kecil berarti portabilitas yang lebih baik. Sebagian besar laptop hadir dalam ukuran layar yang berkisar antara 11 sampai 17 inci. Seluruh sistem berukuran sesuai dengan tampilan. Itu berarti notebook yang lebih kecil lebih ringan dan lebih tipis, dan yang lebih besar akan lebih tebal.

Jika Anda tidak banyak memindahkan laptop, model 15 inci itu bagus. Tetapi jika Anda berencana menggunakan laptop di pangkuan Anda atau membawanya, model dengan layar 13 atau 14 inci, seperti Dell XPS 13, dapat memberikan keseimbangan terbaik antara ruang layar dan portabilitas. Anak-anak di bawah usia 12 tahun akan merasa lebih mudah menggunakan model dengan layar 11,6 inci atau 12,5 inci. Gunakan laptop 17 inci jika tetap digunakan pada meja kerja Anda.

2. Cari resolusi minimal 1080p. Jika Anda mampu membelinya (dengan harga murah), cari laptop dengan resolusi layar minimal 1920 x 1080, yang kadang-kadang disebut resolusi 1080 atau “full HD”. Jumlah piksel membuat lebih mudah membaca halaman web tanpa menggulir dan menumpuk dua jendela berdampingan untuk multitasking.

3. Pilih laptop dengan baterai minimal 8 jam. Jika Anda berencana untuk menghabiskan waktu jauh dari stopkontak, bahkan jika waktu itu dihabiskan di tempat tidur atau sofa di rumah, carilah laptop yang menawarkan lebih dari 8 jam masa pakai baterai. Sebuah contoh bagus dari laptop tahan lama dengan harga terjangkau adalah Asus ZenBook UX330UA, yang bertahan selama 9 jam setelah di cas. Karena membutuhkan begitu banyak daya, laptop gaming adalah pengecualian terhadap peraturan ini.

4. Chromebook bagus untuk anak-anak, namun Windows atau MacOS lebih baik untuk orang lain. Laptop yang menjalankan Google Chrome OS sangat populer di sekolah karena mudah digunakan dan sulit bagi mereka untuk terinfeksi malware. Chromebook terbaik untuk keuangan anda sekarang adalah Asus Chromebook Flip C302CA. Namun, bagi kebanyakan orang, laptop Windows 10 atau MacBook akan menyediakan lebih banyak fungsi.

Jika Anda mencoba memutuskan antara Windows dan MacOS, perhatikan bahwa Windows memberi Anda pilihan yang jauh lebih terjangkau, termasuk laptop dengan layar sentuh, sementara MacBook cenderung menawarkan keamanan yang lebih kuat dan perangkat lunak yang lebih baik untuk mengedit foto dan video.

5. Carilah yang 2-in-1 jika Anda memerlukan layar sentuh. Banyak laptop saat ini adalah 2-in-1, yang dapat beralih antara mode clamshell dan tablet. Sistem ini, seperti Lenovo Yoga 920, sangat bagus jika Anda benar-benar berencana untuk menggunakan layar sentuh, namun biasanya anda bisa mendapatkan laptop yang lebih baik untuk keuangan jika anda membeli laptop bergaya clamshell. Clamshells dengan layar sentuh biasanya harganya lebih mahal dan memiliki masa pakai baterai lebih sedikit daripada konfigurasi dengan nontouch display.

6. Spesifikasi penting : Core i5, RAM 8GB, SSD 256GB. Jika anda ingin membeli laptop dengan harga yang mahal di laptop, spesifikasi minimum yang harus Anda dapatkan mencakup prosesor Intel Core i5 (Intel Core i7 atau AMD Ryzen Mobile juga bagus), RAM 8GB, drive solid-state 256GB (SSD) dan layar 1080p Ini sangat penting untuk mendapatkan SSD dan bukan hard drive, karena drive solid-state membuat semua program Anda dimuat lebih cepat.